Makanan Sehat Untuk Kesehatan Berat Badan Ideal

Makanan Sehat Untuk Kesehatan Berat Badan Ideal - Selamat pagi sobat Onliners... Kali ini saya akan sharing artikel tentang makanan sehat untuk kesehatan berat badan ideal. Pola makan sehat atau menu makanan sehat, makanan 4 sehat 5 sempurna yang didalamnya mengandung makanan bergizi sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh kita sendiri dan juga berat badan ideal. Kenapa? Karena dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan takaran yang pas tidak akan menjadikan lemak tertimbun dalam tubuh.

Makanan Sehat Untuk Kesehatan Berat Badan Ideal
Di negara berkembang seperti Indonesia, dimana segala sesuatu yang awal mulanya pola hidupnya sederhana berkembang menjadi serba cepat dan instan. Sebagai contoh, untuk menghemat waktu orang akan menggunakan kendaraan bermotor untuk berpergian dan ini mengakibatkan tubuh kurang gerak.
Kesibukan dikantor yang dialami pekerja kantor yang hanya duduk dibelakang meja akan banyak mengalami stress. Pemikiran instan juga berlaku di makanan yang instant seperti fast food atau junk food pun dikonsumsi. Hal yang seperti ini akan dapat menimbulkan berbagai penyakit degeneratif di usia muda.

Penyakit yang tidak disebabkan oleh infeksi baik bakteri, virus maupun parasit disebut penyakit degeneratif.
Dahulu penyakit degeneratif ini sering disebut juga penyakit orang tua. antara lain tekanan darah tinggi, kencing manis, jantung koroner, stroke, kegemukan. Dari pola makan yang tidak sehat itulah kenapa penyakit - penyakit ini sekarang banyak di alami pada usia muda. Mari kita siasati bagaimana pola makan yang baik supaya kita terhindar dari penyakit degeneratif pada usia muda.

Sumber utama energi bagi tubuh asalah makanan. Dengan pola makan sehat maka akan membentuk tubuh yang sehat. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah makanan yang dikonsumsi, jenis makanan dan jadwal makan.

Makanan yang kita konsumsi dengan energi yang kita keluarkan harus seimbang. Patokan yang mudah untuk menghitungnya adalah dengan berat badan. Berat badan yang ideal sangat penting untuk dipertahankan demi menjaga kesehatan tubuh dari penyakit. Jenis makanan yang dikonsumsi hendaknya mempunyai proporsi yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Komposisi yang disarankan adalah 55-65% karbohidrat, 10-15% protein, 25-35%  lemak. Golongan karbohidrat yang biasa kita konsumsi antara lain nasi, roti, kentang, mie, bihun. Sedangkan protein dibagi dua macam, yaitu hewani dan nabati. Protein hewani contohnya daging, telur, susu, sedangkan yang nabati contohnya tahu, tempe, kacang-kacangan. Lemak dari makanan ada yang dalam bentuk lemak jenuh maupun tak jenuh.

Untuk lemak jenuh umumnya sangat mudah kita peroleh dari makanan sehari-hari, karena dari proses pemanasan saja kita akan memperoleh lemak yang jenuh. Sedangkan lemak tidak jenuh pada umumnya berasal dari minyak tidak jenuh seperti minyak zaitun, minyak wijen, minyak canola yang umumnya tidak dipanaskan. Lemak tidak jenuh juga baik untuk kesehatan kita seperti jantung dan pembuluh darah. karena dengan memasukkan lemak tidak jenuh lebih banyak dalam makanan kita sehari-hari, maka kita dapat meningkatkan jumlah kolesterol yang baik dalam tubuh. Selain bahan makanan makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak, kita juga perlu sumber mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Bahan makanan sumber vitamin dan mineral ini dapat kita peroleh dari buah-buahan dan sayuran.

Selain hal diatas, tubuh kita juga memerlukan serat. Kebutuhan serat yang dianjurkan perhari adalah 25 g atau 13 g/ 1000 kalori makanan yang dikonsumsi. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air, kira-kira 60% dari berat badan, untuk itu sobat Onliners jangan lupa minum air minimal 2 liter perhari yaa... ^.^

Selanjutnya adalah mengenai jadwal makan. Jadwal makan yang baik dijalankan supaya kita mempunyai pola makan yang baik adalah 5 sampai 6 kali sehari. Adalah sarapan pagi, snack, makan siang, snack sore, makan malam, dan bilamana perlu boleh ditambah dengan snack malam.Agar terhindar dari sakit maag sebaiknya kita mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering.

Untuk mendapatkan gaya hidup sehat selain dengen mengatur pola makan sehat sobat Onliners juga harus melakukan hal-hal berikut:

  • Cukup tidur
  • Hindari merokok
  • Hindari minuman beralkohol
  • Hindari narkoba
  • Managemen stress
  • Berat badan ideal
  • Berolahraga teratur
  • Berkonsultasi ke dokter bila mengalami gangguan kyesehatan
  • Melakukan medical check up secara teratur

Berat badan ideal dapat ditempuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan olah raga. Dengan menjaga berat badan seimbang maka dapat menjauhkan kita dari ancaman penyakit degeneratif. Kegemukan juga dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Orang gemuk biasanya malas untuk bergerak dan agak lamban dalam bekerja. Akibatnya tubuh akan semakin gemuk karena malas bergerak sehingga semakin besar pula resiko untuk mengidap penyakit diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. sereeem banget ya sobat...
Dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat dalam keseharian diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan kita, sehingga kita dapat menghambat timbulnya penyakit degeneratif.

Sekian artikel kesehatan tentang Makanan Sehat Untuk Kesehatan Berat Badan Ideal. Baca juga artikel menarik lainnya seperti Akibat kurang tidur bagi kesehatan dan Bahaya mie instan penyebab kanker, hipertensi dan kerusakan fungsi otak. Semoga bermanfaat  ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.