Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Selamat Pagi Onliners... Kali ini saya akan berbagi info kesehatan tentang manfaat, khasiat dan kegunaan dari daun kemangi. Sudah tahu donk apa itu daun kemangi? Yap.. Daun ini biasanya jadi lalapan di warung - warung ayam penyet lamongan. Selain enak dikonsumsi sebagai lalapan, ternyata daun yang imut - imut ini mengandung banyak manfaat dan khasiatnya lho.. Rasanya yang getir bagi sebagian orang memang membencinya. tapi jujur saja nih sobat Onliners, lalapan kemangi justru lebih sehat dibanding dengan lalapan yang lainnya. Aromanya pun lebih wangi daripada jengkol maupun pete... Hehe.
manfaat dan khasiat daun kemangi bagi kesehatan

Diantara kandungan dari daun kemangi adalah:

Daun Kemangi sebetulnya merupakan hibrida yang digolongkan antarjenis selasih yakni Ocmum Americanum dan juga Ocinum Basilicum. Kemangi dalam nama ilmiah adalah Ocimum Basilicum Var. Anisatum Benth. Aroma wangi khas daun kemangi ini bersumber dari senyawa sitrat yang ada terutama pada bagian bunga dan daunnya. Tak hanya atsiri, daun kemangi juga mengandung sejumlah senyawa penting antara lain: senyawa 1-8 sineol, zat arigin, senyawa anetol, zat flavonoid, boron, stigmasterolnya, eugenol, betakaroten, magnesium, Zat triptofan, dan lain lain.

Dalam ”Daftar Komposisi Bahan Makanan” Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI, kemangi termasuk sayuran kaya provitamin A. Setiap 100 g daun kemangi terkandung 5.000 SI vitamin A. Kelebihan lainnya, kemangi termasuk sayuran yang banyak mengandung mineral kalsium dan fosfor, yaitu sebanyak 45 dan 75 mg per 100 g daun kemangi.

Selain kandungan diatas, daun kemangi juga berkhasiat banyak. dari penyakit yang ringan hingga berat. siapa sangka tuhan menciptakan tumbuhan penuh manfaat seperti daun kemangi ini? :D
Diantara manfaat dan khasiat daun kemangi adalah:

1. Menghilangkan Mual dan Flu
Kita mulai dari penyakit yang bisa dibilang ringan.Caranya cukup gampang, yang harus dilakukan pertama adalah keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalam sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu yang datang.

2. Menghilangkan Bau Mulut
Bagi sebagian orang masalah bau mulut tidak bisa hilang hanya dengan gosok gigi. Solusi lain adalah menggunakan daun kemangi. Caranya adalah ambil daun kemangi, biji dan akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas. Dengan meminum rutin khasiatnya semakin terasa.

3. Mengobati Sariawan
Terkena sariawan memang bikin jengkel. Hehe... Makan tak enak, minum tak nyaman. daun kemangi dapat membantu menyembuhkan sariawan sobat onliners. Caranya dengan ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari. mudah dan murah bukan?

4. Menangkal Radikal Bebas
Khasiat daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, ini karena daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan tubuh (imun) sangatlah penting. Sistem imun yang buruk akan membuat kesehatan kita mudah terganggu. Naah sobat Onliners, khasiat daun kemangi dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ini karena daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan. Jadi sobat, buat yang tidak terlalu menyukai daun kemangi, mulai sekarang bisa dicoba sekali-kali mengkonsumsi dan kemangi demi kesehatan ya.. ^.^

6. Mengobati Panu
Hari gini masih panuan? sepertinya sobat Onliners harus segera mencoba yang satu ini. Ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari. mudah dan murah bukan? Segera dilakukan ya sobat...

7. Meredakan Perut Kembung
Perut kembung gara-gara begadang nonton bola? atau perut kembung gara-gara kelamaan berendam di kolam renang? Daun kemangi dipercaya dapat meredakan perut kembung lhoh..dengan cara, rebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung. 

8. Membantu Pertumbuhan Tulang
Untuk usia pertumbuhan, daun kemangi sangat bermanfaat karena berkhasiat daun kemangi dapat membantu pertumbuhan tulang kita. hal Ini karena daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang fungsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang. 

9. Mencegah Kemandulan
Untuk sobat Onliners yang sudah berumah tangga dan mengalami gangguan sulit mempunyai keturunan, bisa dicoba nih memakai daun kemangi sebagai obat. namanya juga usaha.. ^.^ khasiat daun kemangi dapat membantu untuk mencegah kemandulan. Ini karena daun kemangi mengandung zat arginin yang dapat memperkuat daya hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan. Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas ereksi dan mencegah ejakulasi dini. sekali lagi, mudah dan murah bukan? Selamat mencoba ya sobat...

Nah sobat onliners, itu tadi adalah artikel tentang khasiat dan manfaat daun kemangi. selain informasi diatas tentunya masih banyak lagi khasiat dan manfaat dari daun kemangi. Jangan lupa baca juga artikel kesehatan menarik lainnya seperti Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya. Ada juga artikel Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.