Kebutuhan Gizi Dan Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Kebutuhan Gizi Dan Nutrisi Untuk Ibu Hamil - Selamat malam sobat Onliners. Hari ini saya akan menulis artikel yang sangat menarik lhoh. Kenapa menarik? Karena setiap wanita pasti menginginkan mempunyai keturunan, dan pastinya melalui proses yang dinamakan hamil. Khusus malam ini saya akan membahas tentang kebutuhan gizi dan nutrisi untuk ibu hamil. Mengenai apa saja makanan sehat untuk ibu hamil, vitamin untuk ibu hamil, gizi ibu hamil, dan juga kesehatan ibu hamil. Saya tidak akan membahas bagaimana seorang ibu bisa hamil. Hehhe... :p

makanan sehat untuk ibu hamil, vitamin untuk ibu hamil, gizi ibu hamil, dan juga kesehatan ibu hamil

Secara umum kondisi seorang ibu hamil dengan ibu yang tidak hamil sangatlah berbeda. Seorang ibu yang sedang hamil harus memenuhi gizi dan nutrisi untuk dirinya sendiri dan juga janin yang dikandungnya. Maka dari itu, ibu hamil harus mendapatkan gizi dan nutrisi yang lebih. Jika makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat terbatas, resikonya mengancam keduanya.

Resiko seperti apa bila gizi dan nutrisi tidak terpenuhi? Resikonya bermacam-macam. Diantaranya tumbuh kembang janin akan terganggu, bayi prematur, cacat atau bahkan bayi lahir dalam keadaan sudah tidak bernyawa. Untuk itu bagi sobat Onliners yang sedang hamil atau berencana untuk hamil diharapkan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi. Selanjutnya saya akan memaparkan apa saja gizi dan nutrisi yang diperlukan untuk ibu hamil?

1. Asam folat
Zat asam folat ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak inginkan dalam masa hamil. Seperti cacat pada otak dan tulang belakang. Asam folat bisa dikonsumsi satu bulan sebelum hamil kemudia dilanjutkan selama tri semester pertama untuk mencegah cacat bawaan pada bayi. Apa saja makanan yang mengandung asam folat? Sumber dari asam folat terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kembang kol, kedelai, asparagus dan brokoli. Pada buah-buahan dapat ditemukan pada jeruk, pisang, wortel, dan tomat. Sereal juga sangat baik untuk Anda konsumsi guna mencukupi kebutuhan asam folat.

2. Protein
Pada masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan asupan protein 25 mg per hari. Jauh lebih banyak dari kebutuhan normalnya. Protein ini diperlukan untuk pembangunan sel-sel baru pada janin dan juga untuk pembentukan semua bahan pengatur seperti hormon ibu dan janin. Protein hewani dapat diperoleh dari daging sapi, unggas, ikan, susu, telur. Dan protein nabatinya bisa Anda peroleh dari tahu, tempe, mentega, kacang, dan lainnya.

3. Aneka vitamin
Berbagai jenis vitamin juga sangat dibutuhkan untuk ibu hamil. Seperti vitamin A, B6, B12, C, D, E, K. Vitamin A misalnya, berperan untuk pertumbuhan gigi dan pertumbuhan tulang, penting untuk mata, rambut, dan juga mencegah kelainan bawaan. Vitamin B12 sangat berperan untuk perkembangan saraf dan fungsi otak janin. Sumber-sumber vitamin bisa didapatkan dari buah-buahan.

4. Lemak esensial
Asam lemak esensial (omega-3 dan omega-6) tak kalah penting untuk perkembangan otak bayi. sumber makanan yang mengandung omega-3 biasanya diperoleh dari sayuran, daging dan telur. sedangkan untuk makanan yang mengandung omega-6 bisa diperoleh dari kacang kedelai, ikan tuna, ikan sarden, mackerel dan juga ikan salmon.

5. Kalori
Tidak dapat dipungkiri, kebutuhan kalori untuk ibu hamil terhitung lebih tinggi dari ibu tidak hamil. Selama trimester kedua, kebutuhan kalori ibu hamil sebanyak 340 kalori perharinya. Dan pada trimester ketiganya kebutuhan kalori meningkat lagi menjadi 450 kalori sehari. Beberapa makanan yang menjadi sumber kalori tersebut ialah daging, telur, unggas, susu dan juga produk olahan susu.

6. Air putih
Kondisi kekurangan air putih dalam kondisi tengah hamil akan berdampak jauh lebih serius dibandingkan pada perempuan normal. Maka dari itu, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan akan air putihnya minimal 10 gelas dalam sehari. Mengkonsumsi air putih juga menyehatkan tubuh, setidaknya menyegarkan tubuh setelah beraktifitas. ^.^

Selain gizi dan nutrisi di atas, seorang ibu hamil juga memerlukan kecukupan zat yang lain seperti zat besi, kalsium, fosfor, seng, flour, yodium, natrium, dan juga serat untuk mencukupi kebutuhan gizi baik bagi dirinya sendiri maupun untuk janin bayi yang sedang dikandungnya.
Bila tidak menginginkan resiko calon buah hati sobat ada kelainan karena kekurangan salah satu gizi dan nutrisi diatas, jalan terakhir adalah minum secara rutin susu untuk ibu hamil.

Nah sobat Onliners, itu tadi sedikit pencerahan tentang kebutuhan gizi dan nutrisi untuk ibu hamil. Baca juga artikel lainnya mengenai manfaat dan khasiat daun sirih bagi kesehatan, manfaat dan khasiat daun singkong bagi kesehatan. Semoga bermanfaat ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.